Selasa, 25 Desember 2007

Surfing dan Pariwisata di Bali

Pulau Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan pariwisatanya. Dimana Pulau Bali mempunyai tempat-tempat yang indah dan keunikan budaya yang menjadi daya tarik wisatawan. Salah satu tempat yang menjadi tujuan utama para wisatawan yaitu pantai. Karena Pulau Bali memiliki banyak pantai yang indah seperti pantai Kuta yang terkenal dengan pasir putih dan indahnya sunset. Kemudian pantai Sanur dengan sunrise-nya, Uluwatu, Canggu, Dream Land, dan masih banyak lagi. Namun bukan hanya keindahan yang diberikan oleh pantai-pantai tersebut. Beberapa diantaranya terkenal dengan ombak-ombak yang bagus dan menjadi daya tarik wisatawan yang senang dengan olahraga surfing.

Pariwisata di Bali sendiri bermula dari olahraga surfing. Dikabarkan sekitar tahun 1940-an ada beberapa orang asing yang datang ke pantai Kuta untuk mencari ombak. Karena para surfer sering bertualang untuk mencari ombak yang bagus. Kemudian dalam perkembangannya banyak surfer yang datang ke Pulau Bali untuk mencoba ombaknya. Karena biasanya para surfer memberikan informasi tentang tempat baru kepada surfer lain. Dan pada waktu itu belum ada penginapan, sehingga para surfer yang datang menginap di rumah-rumah masyarakat sekitar. Dengan seiringnya waktu mulailah muncul hotel-hotel dan bar restauran di sektar Kuta. Sampai akhirnya disekitar Pantai Kuta dipenuhi hotel-hotel dan berbagai macam tempat hiburan yang seperti kita ketahui saat ini.

Untuk menunjang dan menstabilkan pariwisata di Pulau Bali salah satunya adalah media. Peran media disini sangatlah penting, selain memberikan informasi, media juga bisa menjadi alat promosi pariwisata. Begitu juga halnya dengan media cetak surfing. Dimana bisa memberikan informasi tentang olahraga surfing di Bali yang bisa menarik wisatawan untuk datang ke Pulau Dewata ini. Selain itu media cetak juga bisa menjadi jembatan untuk para surfer lokal yang menekuni olahraga surfing. Dan tidak sedikit surfer lokal yang sudah bisa berkancah di kelas internasional.

Media sendiri juga selalu barpartisipasi dalam kejuaraan surfing yang diadakan oleh brand-brand surfing di Bali. Dan tidak jarang peserta yang mengikuti kejuaraan surfing berasal dari berbagai macam negara. Disinilah media bisa memberikan kontribusinya dalam olahraga surfing. Memberikan informasi tentang keadaan ombak di Bali serta pantai-pantai yang bagus untuk surfing. Dan tidak lupa memuat feature para surfer lokal maupun non lokal. Serta media cetak bisa juga dijadikan sarana untuk para surfer non lokal yang ingin menikmati ombak di Bali dan mengenal para surfer lokal.

Sampai saat ini sudah ada beberapa media cetak yang memfokuskan pada olahraga surfing. Dan hampir semuanya mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memajukan dunia surfing di Bali. Karena dengan majunya olahraga surfing bisa diharapkan untuk memajukan pariwisata di Pulau Bali.

Tidak ada komentar: