Selasa, 11 Desember 2007

Berselancar Menjelajahi Dunia

Surfing dalam bahasa Indonesia diartikan berselencar. Diluar kata tersebut surfing adalah olahraga yang tergolong jenis petualang yang menikmati alam. Karena dalam olahraga yang bersifat ekstreme ini terdapat kata “penaklukan” yang sama dengan olahraga petualang lainnya seperti hiking, climbing, arung jeram dan sebagainya. Dimana ada kepuasan tersendiri setelah dapat menaklukan alam tersebut dengan jenis tantangan tersendiri.

Didalam surfing sendiri yang harus ditaklukan adalah ombak. Dimana seorang surfer atau peselancar harus berdiri diatas papan dengan desaran ombak dan ditambah dengan melakukan berbagai macam jenis trik. Para surfer biasanya menyukai ombak yang menantang atau tinggi dan cepat. Tetapi didunia ini tidak ada ombak yang stabil disepanjang tahun. Karena ketinggian dan kecepatan ombak tergantung dengan cuaca.

Hal tersebutlah yang menjadikan para surfer untuk berpindah tempat mencari ombak. Karena ombak yang menantang adalah bagian dari kebutuhan hidup seorang surfer. Biasanya untuk setiap tempat surfing spot mereka menghabiskan waktu berhari-hari untuk kemudian berpindah mencari tempat baru. Komunitas surfer juga menjadi bagian penting untuk para peselancar. Mereka bisa berbagi informasi tentang perkembangan surfing, keadaan ombak, surfing spot bahkan terkadang mereka beramai-ramai menyewa kapal yang besar untuk bertualang mencari ombak-ombak yang besar. Kebanyakan para peselancar ini mempunyai tempat favorit untuk melakukan surfing, dan biasanya tempat tersebut dirahasiakan agar tidak diketahui oleh public.

Surfing telah menjadi sebuah gaya hidup bagi seorang surfer. Hal layak para surfer sudah mempunyai kalender biologis dan tahu kapan untuk berpindah tempat mengikuti musim atau cuaca agar mendapatkan ombak untuk melakukan surfing. Sehingga dalam jangka waktu satu tahun akan ada beberapa negara yang dikunjungi oleh seorang surfer.

Seperti difusi surfing ke Indonesia juga dikarenakan hal petualangan untuk mencari ombak. Sekitar tahun 1940-an dikabarkan ada beberapa orang asing yang datang ke pantai Kuta untuk mencari ombak. Dan kemudian ditahun 1950 muncul klub surfing pertama di Indonesia yang didirikan di Kuta.

Dengan seringnya diadakan kontes surfing juga membuat para surfer berkeliling dunia. Kontes surfing biasanya diadakan oleh merek perusahaan-perusahaan terkenal yang memproduksi peralatan surfing. Seorang surfer juga bisa berkeliling dunia dengan gratis karena kepiawaiannya menari diatas ombak. Maksudnya surfer tersebut disponsori oleh perusahaan surfing sehingga biaya untuk berkeliling dunia ditanggung oleh perusahaan tersebut. Surfer yang telah disponsori juga mendapatkan fasilitas lainnya. Seperti gaji perbulan, produk mulai dari baju, celana, topi sampai papan surfing bisa didapatkannya secar gratis. Sehingga bisa dibilang gaya hidup serorang surfer tergolong santai. Dan perusahaan surfing bisa mempromosikan produknya lewat si peselancar. Karena seorang surfer identik dengan kebebasan dan keberanian yang bisa menarik konsumen.

Setidaknya ada satu cara berkeliling dunia dengan modal keterampilan menari diatas ombak. Anda ingin berkeliling dunia? Tidak ada salahnya untuk mencoba dan kemudian menekuni dunia surfing.

1 komentar:

ampikunanti mengatakan...

Kamu yang mau update status Facebook via Blackberry, Android, WC Umum, Hape Pacar, iPhone dan lain sebagainya.. (lucu lucu Gan) silahkan pilih di pilih UpDate Setatus Facebook yang kalian suka. dijamin keren di depan teman Facebook Mu. ini gan ane kasih link nya http://ampikunanti.com/